jump to navigation

Pemanfaatan e-Government di Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informasi Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY Juni 22, 2009

Posted by herusk in tugas- tugas.
trackback

Pemanfaatan e-Government di Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informasi Dinas Perhubungan,Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY

Visi-Misi e-Government Pemerintah Provinsi DIY 2010 :
Terwujud dan mantapnya e-Government di DIY sebagai sarana pendukung mantapnya Pemerintah Daerah yang katalistik dan terwujudnya masyarakat yang kompetitif

Di Pemerintah Daerah Provinsi DIY, yang menangani fungsi-fungsi e-government adalah Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi DIY

Bidang yang melayani adalah :

Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informasi
Terdiri dari 2 seksi yaitu :
1.Seksi Perangkat Jaringan dan Aplikasi(PJA)
2.Seksi Manajemen Informasi Perubahan dan Inovasi

Tugas dan Fungsi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Prov. DIY

Tugas:
melaksanakan urusan Pemerintah Daerah di bidang perhubungan, komunikasi dan informatika serta kewenangan dekonsentrasi dan tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemerintah.

Fungsi:
penyusunan program dan pengendalian di bidang perhubungan, komunikasi dan informatika;
perumusan kebijakan teknis bidang perhubungan, komunikasi dan informatika;
pengelolaan angkutan jalan antar kota dan wilayah, angkutan perkotaan, dan angkutan barang;
pengelolaan manajemen lalu lintas dan rekayasa lalu lintas serta keselamatan lalu lintas darat dan laut;
pembinaan keselamatan penerbangan, teknis kebandaraan dan angkutan udara;
pengelolaan data meteorologi dan geofisika;
pelaksanaan pengawasan dan pengendalian operasional;
pelaksanaan koordinasi perijinan bidang perhubungan, komunikasi dan informatika ;
pelaksanaan pelayanan umum bidang perhubungan, komunikasi dan informatika ;
pelaksanaan pembinaan, pengawasan terhadap pelayanan jasa telekomunikasi;
pelaksanaan pembinaan, pengawasan, penertiban jasa perposan;
pelayanan informasi internal birokrasi;
penyiapan bahan manajemen perubahan dan inovasi;
pelaksanaan pemantauan dan pelaksanaan evaluasi pelaksanaan kebijakan bidang manajemen informasi dan pengembangan komunikasi informasi;
pemberian fasilitasi bidang perhubungan, komunikasi dan informatika Kabupaten/Kota;
pemberdayaan sumberdaya dan mitra kerja di bidang perhubungan, komunikasi dan informatika;
pelaksanaan kegiatan ketatausahaan;
pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Susunan Organisasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Prov. DIY
Sekretariat ;

Bidang Angkutan Darat;
Bidang Lalu Lintas Darat dan Laut;
Bidang Perhubungan Udara, Pos dan Telekomunikasi;
Bidang Layanan Teknologi dan Manajemen Informasi;
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Informasi;

UPTD, terdiri dari :
Trans Jogja;
Kantor Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;
Plaza Informasi.
– Kelompok Jabatan fungsional

Kegiatan –kegiatan yang dilakukan Bidang LTMI :
1.Mengelola situs resmi Pemda Prov. DIY http://www.pemda-diy.go.id
2.Membuat /Perawatan jaringan komputer antar Sekretariat Wilayah Daerah,
Badan, SKPD, UPTD Baik wireless maupun wired (kabel FO & LAN)
3.Sebagai supporting pelayanan TIK
4.Membuat/Perawatan jaringan antar Kabupaten yaitu Kabupaten Bantul, Sleman
5.Menyelesaikan sambungan jaringan ke Kabupaten Gunungkidul

SDM atau Pegawai di Bidang LTMI berjumlah 17 orang

Spesifikasi Infrastruktur Bidang LTMI :
a.Perangkat Keras
1.Web Server  
2.Application Server
3.Database Server
4. Rack
5. LCD Monitor
6. KVM Switch & Cables
7. UPS
8. Workstation
9. Printer /Scan/fax
10.Scaner

b.Jaringan/LAN

1.LAN Switch
2.LAN Cables & Connectors
3.Fax Modem
4.Router
5. Firewall

c.Perangkat Lunak

1.Sistem operasi server dan workstation
2.Perangkat lunak web server
3.Perangkat lunak mail sever
4.Perangkat lunak anti virus
5.Perangkat lunak proxy
6.Perangkat lunak database
7.Perangkat lunak e-office
8.Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Permasalahan :
1.Masih kurangya SDM yang memenuhi kualifikasi di bidang komputer.
2.Belum di isinya pejabat Kasie Manajemen Informasi Perubahan dan Inovasi
dibidang LTMI.

Solusi Permasalahan :
1.Menambah SDM /PNS yang memenuhi kualifikasi di bidang
komputer diadakan Pelatihan,jenjang Pendidikan di bidang Komputer.
2.Segera di isi jabatan Kasie Manajemen Informasi Perubahan dan Inovasi di
Bidang LTMI.

Komentar»

1. Agung Harimurti - Juni 23, 2009

Bagus Mas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: