jump to navigation

Peranan Orang Tua dalam pemakaian Internet Mei 22, 2009

Posted by herusk in Uncategorized.
trackback

“Peranan Orang Tua dalam pemakaian Internet bagi anak-anak”

Perkembangan Teknologi Informasi yang ditandai dengan perkembangan internet saat ini yang sedemikian pesat memberikan kemudahan pada sendi-sendi kehidupan manusia. Perkembangan Teknologi Informasi tersebut telah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat, karena mempunyai kelebihan di bandingkan Teknologi Telekomunikasi yang telah lebih dulu hadir.

Adanya Teknologi Informasi mampu menutupi berbagai kelemahan media informasi kita yang sudah ada ada, seperti keterbatasan waktu dalam menyajikan informasi baik itu keterbatasan waktu terbit,cetak atau keterbatasan waktu tayang media tersebut serta penyebaranya atau dalam mengakses informasi.
Menyinggung masalah penyajian informasi yang tidak di batasi oleh ruang dan waktu maka tidak lepas dari kehidupan web sebagai sumber informasi di internet. Bahkan media internet telah dapat menjadi media yang terbuka untuk semua orang dan bisa untuk kegiatan berbagai usaha yang memanfaatkan media internet secara online. Serta dapat sekaligus bertindak sebagai media edukatif dan informatif sekaligus dapat memberikan hiburan atau entertainment, tak terkecuali bagi generasi muda atau khusunya bagi anak-anak
Dengan kata lain telah menjadi kewajiban anak-anak modern untuk akrab dengan mengenal media internet mengingat sifatnya yang menggabungkan antara permintaan untuk pemahaman teknologi dan minat untuk menggali berbagai macam informasi baik umum maupun seputar dunia anak-anak.
Jadi internet bukanlah barang asing lagi bagi para anak-anak modern untuk menuangkan berbagai macam kreasi dan aktualitas diri serta mengisi waktu luang dengan kegiatan seperti menjelajah dan mendapatkan informasi kesitus-situs di dunia (surfing atau browsing),mengobrol didunia maya (chatting),upload dan download berita atau program dari internet, serta yang juga sangat penting ialah menerima dan mengirimkan surat elektronik atau e-mail.yang telah memberikan kemudahan dalam saling bertukar informasi atau data.
Tetapi sayangnya dalam media internet ini tidak memiliki batasan atau rambu-rambu yang jelas mengenai etika dan norma-norma kesopanan atau dapat dikatakan setiap orang dengan berbagai latar belakang dan umur bebas melakukan apapun melalui media internet bahkan melakukan hal-hal yang melanggar norma-norma kesopanan sekalipun.
Media internet terbuka untuk berbagai macam isi pesan positif namun juga dapat mengarah pesan negatif, seperti pornografi, muatan kekerasan atau pelecehan dan sebagainya.bahkan ancaman kekerasan dapat termuat melalui bentuk kata/kalimat atau berupa visual, gambar animasi maupun video atau game, yang sering muncul tanpa kita inginkan/sadari dalam layar komputer saat kita mengakses internet hal ini juga bisa berupa ancaman spyware atau virus yang setiap saat mengincar untuk dapat masuk kesistem komputer yang terkoneksi dengan internet. Untuk itu dalam mengakses internet kita selaku orangtua perlu kehati-hatian untuk tidak hanya membiarkan begitu saja,tetapi memberikan kepada anak-anak untuk untuk mengakses internet dengan serangkaian nasehat atau arahan dan juga yang tak kalah penting ialah kehati-hatian dalam mengakses internet dan membekali utility yang handal untuk menghadang segala muatan negatif dan ancaman virus. Namun usaha-usaha diatas tidak akan berhasil tanpa ada nya dukungan kedua belah pihak serta usaha diatas belum tentu selalu berhasil karena perkembangan virus atau spyware, namun dengan cara diatas kita telah memberikan usaha preventif untuk mencegah hal- hal yang negatif yang dapat terjadi.
Tentu saja kebijakan orang tua tidak hanya terletak pada kemauan untuk memaksa atau melarang anak-anak untuk mengakses internet, tetapi lebih terletak pada peran atau sikapnya dalam memahami atau menghadapi perkembangan Teknologi Informasi dan mencoba menafsirkan serta mengemas kehadiran Teknologi Internet khususnya untuk disajikan kepada anak-anak sehingga anak-anaknya tidak tertinggal dalam informasi dan terbelakang dalam menghadapai tuntutan jaman yang semakin kompleks. Jadi disini peran serta orang tua sangat penting dalam menjaga akibat atau hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh dunia internet. Kuncinya adalah selalu waspada dan hati-hati serta terjalinnya komunikasi dan pemahaman penggunaan antara orangtua dan anak dalam memanfaatkan dunia internet. Sehingga selaku orangtua kita diharapkan untuk tidak gagap dalam teknologi informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: